maker gif

Jumat, 13 Juli 2012




Grup  Facebook PASUNDAN WETAN
(Riung Mungpulung Silaturahmi Urang Sunda)



A. Propil
Propil  Grup  PASUNDAN WETAN  nyumber tina  sikep anu ngangkat ajen masyarakat Sunda Jawa Barat dina ngudag kamajuan jeung pikiran anu parigel jeung cekas pikeun nangtukeun lengkah geusan wujudkeun  tali  silaturahmi  urang sunda  Provinsi Jawa Barat anu Gemah Ripah Repeh Rapih.

B. SIPAT.
Grup  PASUNDAN WETAN teh sipatna mandiri , independent  jeung netral. Diadegkeunana PASUNDAN WETAN dimimitian tina gunem catur panjang diantara Baraya  Sunda Jawa Barat anu ngabogaan sikep babarayaan , disiplin elmu jeung propesi anu mibanda pamikiran anu rancage, parigel, perceka, tanginas tur binangkit geusan ilubiung ngaronjatkeun jeung ngamumule ajen  Seni, Budaya, Bahasa  Sunda jeung kultur falsafah Sunda.



SILATURAHMI DALAM ISLAM
Silaturahmi atau hubungan kekerabatan dalam menyambung tali persaudaraan sangat penting karena hal ini banyak di sebutkan dalam Al Qur'an dan As- Sunnah secara terperinci. Islam memotivasi untuk bersilaturahmi dan memuji orang yang menyambungnya, bahkan islampun memperingatkan dari memutuskan silaturahmi dengan mengancam pelakunya dengan siksaan yang besar di dunia dan akhirat.

Allah berfirman dalam Al Qur'an : Surat Ar-Ra'd [13]: 21 "dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan (yaitu mengadakan silaturahim dan tali persaudaraan) , dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk." lihat pula Surat Al-Isra [17]: 26 dan Surat An-Nisa[4]: 36.
Dalam Hadistnya : "Ar-Rahim (Rasa persaudaraan) bergantung di Arsy. Ia berkata:"Barang siapa yang menyambungku, maka Allah akanmenyambungnya dan barang siapa yang memutusku, Allah akan memutusnya" (HR Ahmad)

CARA BERSILATURAHMI
Silaturahmi di jaman sekarang ini amat mudah manfaatkanlah kecanggihan tehnologi untuk menyambung silaturahmi dengan handai taulan kita. Ibnu Abbas Ra meriwayatkan; Rasulullah SAW bersabda "sambunglah hubungan kekeluargaanmu, walau hanya dengan salam". lebih rinci lagi cara silaturahmi yang diajarkan Rasulullah SAW adalah sbb: Dari Abu hurairah Ra,  Rasulullah SAW bersabda:"Janganlah kalian saling dengki, jangan saling meninggikan harta, jangan saling membelakangi, Jadilah kalian hamba- hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim itu saudara muslim yang lainnya, tidak boleh berbuat dzalim kepadanya, tidak boleh merendahkannya, tidak bolehmenipunya, dan tidak boleh menghinanya. Takwa itu ada disini."Beliau menunjuk dadanya tiga kali". cukup jahad seseorang yang menghina saudaranya sesama muslim. Setiap muslim atas muslim yang lain haram
darahnya, hartanya dan kehormatannya" (HRMuslim).

HIKMAH SILATURAHMI
1. Silaturahmi landasan tegaknya Islam.
Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah dia memuliakan tamunya. Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka hendaklah mengatakan yang baik atau diam saja" (HR. Bukhari Muslim)
2. Rahmat akan meliputi bagi yang menghubungkan kekeluargaan yang kuat.
Firman Allah : Surat At Taubah[9]: 71 "Dan orang-orang yang beriman,
lelaki dan perempuan, sebahagian
mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka ta'at pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat olehAllah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana".
3. Dipanjangkan umur dan ditambah rizki-nya.
Rasulullah SAW bersabda “ Barang siapa yang suka dipanjangkan umurnya dan ditambah rizkinya, hendaknya bertaqwa kepada Allah dan menyambung sanak kerabat  ” (HR.  Bukhari) Dari Abu Hurairah Ra, dia berkata :
” Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang suka dilapangkan rizkinya, dan dipanjangkan umurnya maka sambunglah tali Silaturahmi. ”
4.Terhindar mati jelek (Su-ul Khatimah) Rasulullah SAW bersabda : “ Barangsiapa yang menginginkan Allah memanjangkan Umurnya dan diperluas rezekinya serta terhindar dari mati jelek (su-ul khatimah), hendaklah ia bertawakal kepada Allah dan menyambung sanak kerabat ”
5.Tanda berakhlak mulia Rasulullah SAW bersabda : “ Rasulullah SAW bersabda: “ Menyambung sanak kerabat, Berakhlak mulia dan hidup bertetangga dengan baik, bisa memakmurkan kampong dan Menambah umur. (HRAhmad)
6. Ridha dan murka Allah tergantung orang tua Dari Abdullah bin ‘Amir bin al-Ash Ra,     dari Nabi SAW beliau bersabda : ”Ridha Allah ada pada keridhaan kedua orang tua, dan murka Allah ada pada kemurkaan kedua orang tua ” (HR at-Tirmidzi).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar