maker gif

Senin, 30 Juli 2012

UKG On Line Mulai Dilaksanakan




Senin Pagi Yang Menegangkan



Sesent pertama sebanyak 20 Orang guru dengan hati yang bergetar dan menegang mereka memasuki ruang ujian setelah menyelesaikan regitrasi peserta, Dan saya duduk di depan Komputer server untuk menyingkornisasikan peserta ujian ke server pusat, walau bagaimana pun juga saya ikut tegang khawatir perangkat yang sudah saya setting muncul trable, beberapa menit kemudian ternyata benar server tidak bisa menyabung ke server pusat segera saya kontak ke Pihak Dinas Pendidikan dan saya mendapatkan jawaban bahwa server pusat akan mengaktifkan pukul 8.00 WIB dan langsung saya sampaikan pesan yang saya terima ke peserta ujian, nah dari situ ketegangan mulai menurun, namun apa yang terjadi setelah tepat   menunjukan pukul 8.00 server pusat tetap tidak dapat tersambung segera saya menghubungi lagi Pihak Dinas dan kabar yang di terima ternyata seluruh kota kondisinya sama yang artinya ada trable di server pusat, peserta makin enjoy dan pada akhir nya mereka meninggal kan tempat ujian berkumpul di ruang tamu, waktu yang sudah di tentukan untuk sesent pertama ujian terlewati, disaat itu saya menerima kiriman "kode program"  dari pusat untuk segera memasukan ke progtam server, dan saya menerima perintah bahwa peserta Ujian sesent pertama jadwalnya menyusul dan saat ini di persilahkan pulang, dan akhirnya peserta sesent kedua bisa mengerjakan Ujian Kompetensi Guru On Line...Alhamdulilah, Ujian dapat berjalan lancar.

Berikut ini Simulasi Soal UKG OL
1. SCL adalah salah satu inovasi di bidang pendidikan yang bercirikan:
a. Menekankan transfer pengetahuan dari guru ke siswa,
b. Lebih menekankan pada penguasaan materi,
c. Penekanan pada pencapaian kompetensi,
d. Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah,
e. Penekanan pada ketuntasan materi pelajaran.


2. Pemilihan model pembelajaran sangat bergantung pada:
a. Sarana-prasarana,
b. Siswa,
c. Kurikulum,
d. Guru,
e. Semuanya benar.


3. Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi:
a. Perkembangan model pembelajaran,
b. Cara belajar siswa,
c. Cara mengajar guru,
d. Perkembangan bahan ajar,
e. Semuanya benar.


4. Model pembelajaran yang meminta siswa untuk mengurutkan dan menjelaskan gambar setelah guru menyampaikan materi adalah:
a. Cooperative Script,
b. Metode Jigsaw,
c. Snowball Throwing,
d. Problem Solving,
e. Picture and Picture.


5. Model pembelajaran yang mengedepankan kerjasama sesama guru serta melakukan perencanaan, praktek mengajar, observasi Refleksi/kritikan terhadap pembelajaran adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.

7. Model pembelajaran dengan cara membuat pertanyaan yang dituliskan pada kertas lalu diberikan pada ketua kelompok untuk dilempar ke siswa lain untuk dijawab adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.

8. Model pembelajaran dimana guru membagi topik tertentu menjadi beberapa subtopik, selanjutnya membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif, setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap subtopik, adalah:
a. Lesson Study,
b. Cooperative Script,
c. Metode Jigsaw,
d. Snowball Throwing,
e. Inquiry.

9. Model pembelajaran yang mempunyai kelebihan mendorong siswa berpikir secara ilmiah, kreatif, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan terbuka, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.

10. Model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.

11. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah:
a. Role Playing,
b. Inquiry,
c. Problem Solving,
d. Picture and Picture,
e. Metode Jigsaw.

12. Beragam teknik penilaian dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentangkemajuan belajar siswa, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajar. Teknik-teknik penilain tersebut adalah
sebagai berikut, kecuali:
a.Penilaian unjuk kerja
b. Penilaian sikap
c. Penilaian observasi langsung
d. Penggunaan tertulis

13. Dalam Soal tes tertulis peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti berikut, kecuali:
a. Memberi tanda
b. Mewarnai
c. Membaca
d. Menggambar

14. Tes tertulis dalam bentuk mensuplai jawaban dapat dibedakan, kecuali menjadi:
a.multiple choice
b. isian
c. jawaban singkat
d. uraian.

15. Tes ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !
a. tes sebab-akibat
b. tes benar – salah
c. tes menjodohkan
d. tes pilihan ganda.

16. Tes tertulis bentuk ini merupakan alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-hal yang telah dipelajarinya.
a. jawaban singkat
b. uraian
c. isian
d. pilihan ganda.

17. Dalam menyusun alat penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut, kecuali .........
a. jumlah item
b. karakteristik mata pelajaran
c. materi
d. konstruksi

18. Tes pilihan ganda memiliki beberapa kekurangan diantaranya tersebut berikut ini, kecuali .........
a.peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya
b. menimbulkan kecenderungan anak didik tidak belajar
c. kurang dapat untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran
d. banyak digunakan untuk penilaian ketrampilan berbahasa secara
formal.

19. Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....
a. peserta didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
b. dapat menilai berbagai jenis kompetensi
c. cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d. peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan kata-katanya sendiri.

20. Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....
a. efektifitas penilaian kelas
b. cost benefit yang besar
c. perancangan penilaian secara sistemasis
d. perlakuan penilaian yang secara terus-menerus dan berkesinambungan.

21. Penilaian kelas yang baik akan memberikan informasi yang bermanfaat, kecuali
a. bagi orang tua, dapat meningkatkan gairah kerjanya agar dapat
membiayai sekolah anak-anaknya
b. bagi guru, dapat meningkatkan efektifitas mengajarnya
c. bagi peserta didik, akan meningkatkan kualitas kegiatan/hasil belajarnya
d. mampu memotivasi anak didik meningkatkan terus upaya belajarnya.

22. KTSP menuntut adanya perubahan dalam mengelola proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus (a). Inovatip dan Kreatip (b) Paradikma Teaching berubah menjadi learning (c). cara berpikir produktip menjadi reflektip dan (d ). Demonstrating the knowledge. Soal : dari pernyataan tersebut yang tidak sesuai adalah :
A. (a) dan (b)
B. (a) dan (d)
C. (d)
D. (c)

23. Menggunakan media dan menggunakan teknik presentasi merupakan salah satu cara mengelola pembelajaran akan :
(a) menarik perhatian siswa.
(b). Membosankan siswa
(c). Meningkatkan daya serap siswa
(d). Merepotkan dan membebani guru

Soal : Dari pernyataan tersebut yang benar adalah :
A. (a) dan (b)
B. (a) dan (c)
C. (b) dan (d)
D. (c)dan (d)

24,Sumber belajar adalah segala macam sumber yang memungkinkan siswa belajar. Ada bermacam-macam sumber belajar yaitu yang benar terdiri dari :
A. pesan dan orang
B. Alat dan teknik
C. Lingkungan,
D. pesan dan bahan
( boleh pilih lebih dari satu jawaban).

25. Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa.
Soal : Pernyataan tersebut merupakan konsep media yang dinyatakan oleh:
A. Palmer, W
B. Gagne
C. Bright
D. AECT

26. Yang termasuk bahan pertimbangan dalam memilih media dalam pembelajaran diantaranya adalah :
A. harus membuat terlebih dulu
B. Kesesuaian dengan tujuan dan bahan
C. harganya mahal dan modern
D. Pengoperasiannya sulit.

27. Manakah media yang paling baik untuk mengajar
A. VCD
B. Flip
C hart
D. OHT
E. LCD

28. Fungsi GBIPM (Garis Besar Isi Program Media) adalah
A. instrument perencanaan media dalam pembelajaran
B. Instrument Pengembangan Media dalam pembelajaran
C. Instrument Pemilihan Media dalam pembelajaran
D. Perencanaan Program Media dalam pembelajaran
(boleh pilih lebih dari satu jawaban)

29. Media dalam pembelajaran harus didisain dengan baik dan menarik. Hal ini karena media bukan semata-mata berperan sebagai perantara atau pengantar pesan, tetapi media juga perperan sebagai Perangsang:
A. Pikiran dan Perasaan
B. Perhatian dan minat
C. Menarik perhatian
D. Menarik Minat.
(boleh memilih dua opsi yang tepat)

30. Pilihlah jenis huruf berikut ini yang menurut saudara paling tepat untuk membuat media OHT/Slide presentasi
A. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
B. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
C. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
D. Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran

31. Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a. sikap penulis
b. panjang tulisan
c. struktur sajian
d. penggunaan bahasa

32. Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d. abstrak, bagian inti, penutup

33. Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang
a. rangkuman dan tindak lanjut
b. simpulan umum
c. rekomendasi penulis
d. simpulan dan saran

34. Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a. pendidikan
b. kebudayaan
c. pemulung
d. informatika

35. Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
a. fakta atau kenyataan
b. argumentasi
c. teori yang diakui kebenarannya
d. data empirik/hasil penelitian

36. Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a. resmi
b. baku
c. impersonal
d. personal

37. Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
a. daftar pustaka
b. abstrak
c. daftar tabel
d. lampiran

38. Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali

a. memaparkan bidang ilmu tertentu
b. merupakan deskripsi suatu kejadian
c. menggunakan gaya bahasa resmi
d. disajikan secara sistematis

39. Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
a. senjata makan tuan
b. kumbang cantik pengisap madu
c. pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d. pengaruh obat bius yang menghebohkan

40 Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
a. sistematika tulisan
b. panjang tulisan
c. ragam bahasa yang digunakan
d. pengarang

41. Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a. artikel laporan dan artikel rujukan
b. artikel konseptual dan artikel teoritis
c. artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d. artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
42. Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah

a. kelayakan ide untuk dipublikasikan
b. wacana tentang ide yang sedang berkembang
c. kesiapan ide untuk didiskusikan
d. persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama

43. Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a. judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b. judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c. judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d. judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi

44. Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a. abstrak
b. pendahuluan
c. diskusi
d. referensi

45. Referensi memuat semua rujukan yang
a. pernah dibaca penulis
b. perlu dibaca pembaca
c. dimuat dalam badan tulisan
d. diperlukan dalam pengembangan tulisan

46. Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
a. apa inti teori/konsep yang dibahas?
b. mengapa konsep itu dibahas?
c. Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
d. Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?

47. Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
a. menjelaskan partisipan
b. menulis masalah yang sudah pernah dibahas
c. memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
d. melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian

48. Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
a. panjang tulisan
b. nada tulisan
c. gaya tulisan
d. bahasa tulisan

49. Rekomendasi untuk judul adalah
a. 8-10 kata
b. 10-12 kata
c. 12-15 kata
d. 15-30 kata

50. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat di bagian
a. pendahuluan
b. metode
c. hasil
d. diskusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar